Minggu, 04 Desember 2016

pola irama lagu bertanda birama tiga


pola irama lagu bertanda birama tiga
Tanda Birama atau disebut juga time signature adalah tanda untuk menentukan jumlah hitungan dan nilai setiap hitungan pada setiap birama.Tanda birama ditempatkan pada awal musik. berisi dua angka dimana angka yang satu diletakkan sebelum angka yang lainnya. Angka yang di atas menunjukkan jumlah ketukan pada setiap ruas birama. Angka yang di bawah merupakan satuan nilai not yang dijadikan patokan tempo, misalnya tanda birama 4/4 dapat kita artikan bahwa dalam satu birama terdapat 4 not 1/4. Untuk tanda birama 2/4 berarti  dalam satu birama terdapat 2 not seperempat dst.
Contoh Tanda Birama :
1. Birama 4/4
Tanda Birama 4/4 ialah birama yang paling umum digunakan di hampir setiap genre musik. Ini berarti setiap birama ada empat hitungan dan setiap hitungan bernilai seperempat atau empat not seperempat dalam setiap birama.

2. Birama 3/4
Tanda birama 3/4 berarti setiap birama ada tiga hitungan dan setiap hitungan bernilai seperempat atau ada tiga not seperempat dalam setiap birama. 
3. Birama 6/8
Tanda birama 6/8 berarti setiap birama ada enam hitungan dan setiap hitungan bernilai seperdelapan atau ada 6 not 1/8 yang menjadi patokan tempo.

4. Birama 2/4
Tanda birama 2/4  berarti setiap birama ada dua hitungan dan setiap hitungan bernilai seperempat atau ada dua not seperempat dalam setiap birama.


Berikut ini tanda garis birama, dalam bahasa inggris disebut barline


5 komentar:

  1. materinya bagus sekali, selalu berikan materi yang menarik ya. kunjungi juga blog saya http://aiysuci.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. saran dari saya berikan lebih banyak lagi materinya

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Materi yang anda berikan sangatlah bagus. Terimakasih kunjungi juga blog saya http://onezfeb.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus
  4. materinya bagus dan menarik. kunjungi juga juga blog saya http://wilnajhe.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  5. If you're trying to lose pounds then you have to start using this brand new personalized keto diet.

    To create this keto diet, licensed nutritionists, personal trainers, and cooks have joined together to develop keto meal plans that are efficient, suitable, cost-efficient, and delightful.

    From their first launch in January 2019, 100's of clients have already remodeled their figure and health with the benefits a good keto diet can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones offered by the keto diet.

    BalasHapus